Saturday, December 12, 2015

Pengertian Jaringan Pada Komputer Beserta Fungsinya

Skema Jaringan Pada Komputer
Pengertian Jaringan Pada Komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dua atau lebih perangkat serta perangkat-perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk dapat bekerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, serta meminta memberikan layanan atau service antara komputer atau dengan yang lainnya.

Manfaat dan Fungsi Jaringan Pada Komputer
Banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan apabila kita mempunyai sebuah jaringan komputer, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat  menghemat biaya. Dengan adanya jaringan komputer anda dapat menekan biaya untuk kebutuhan perangkat-perengkat peripheral, karena sumber daya yang ada bisa dibagi dan digunakan bersama-sama, salah satu contoh apabila kita mempunyai satu buah printer, printer tersebut dapat digunakan oleh banyak User atau pengguna jadi anda tidak perlu menyediakan satu printer untuk satu komputer.
  2. Mempercepat proses sharing data. Biasanya untuk berbagi data kita menggunakan perangkat tambahan misal  flashdisk, akan tetapi dengan adanya jaringan komputer, transfer data akan lebih cepat bahkan dapat menjangkau jataak yang cukup jau sekalipun. Hal tersebut dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan file-file data yang diperlukan.
  3. Menjaga Informasi Agar Tetap Up-To-Date. dengan kita membuat jaringan komputer , siistem penyimpan data yang terpusat serta dikelola dengan sangat baik pada komputer server, maka pengguna dapat mengakses data dari berbagai tempat yang berbeda, dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.
Itulan beberapa manfaat dan fungsi yang bisa anda peroleh apabila anda membangun sebuah sistem jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jadi apabila anda mempunyai lebih dari satu komputer baik itu dirumah atau dikantor, cobalah anda membangun jaringan agar dapat menghemat pemakaian sumber daya yang dimiliki.
Demikianlah Pengertian Jaringan Pada Komputer Beserta Fungsinya untuk jenis-jenis jaringan silakan kunjungi Jenis Jaringan Komputer. Semoga artikel tentang Pengertian Jaringan Pada Komputer ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment