Tuesday, December 15, 2015

Cara Merakit PC Yang Baik dan Benar

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana melakukan perencanaan, pembelian dan perakitan sebuah PC dengan proses yang benar. Dengan artikel ini diharapkan pembaca dapat dengan mudah mendapatkan panduan dalam melakukan perakitan PC. Dalam langkah perakitan PC ada beberapa item yang harus dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Perencanaan kebutuhan dan spesifikasi
  2. Melakukan installasi komponen PC
  3. Menerapkan keselamatan kerja dalam merakit komputer
  4. Mengatur dan aktifasi komponen PC melalui Setup BIOS
  5. Menyambung peripheral (Perangkat Selain Komponen PC) ke PC
  6. Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan peripheral
Perencanaan Kebutuhan dan Spesifikasi

Jika anda merencanakan membeli sebuah komputer (Personal Coomputerr), hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan perencanaan tentang komputer seperti apa yang anda butuhkan. Apakah komputer tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan mengetik sehari-hari atau digunakan untuk kebutuhan yang lebih berat misalnya untuk Server atau PC game. Hal tersebut yang perlu dipikirkan sebelum kita membeli komputer supaya kita tidak menyesal setelah membelinya. Memang ada sebagian orang yang berfikir untuk membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi dengan anggapan supaya tidak terlalu ketinggalan untuk 3-5 tahun yang akan datang. Untuk memudahkan perencanaan kebutuhan komputer, kita bisa menggunakan atau mendownload from perencanaan PC dibawah ini.
From Perencanaan Komputer Download dsini
Catatan :

Pada saat kita merencanakan sebuah personal komputer dengan processor AMD di dalamnya maka kita harus memiliki sebuah mainboard yang memang khusus untuk processor AMD. Jika tidak maka processor tidak akan bisa dipasang pada socket processor pada motherboard atau mainboard.

Melakukan Installasi Komponen Pada PC

Jika anda sudah tepat dan benar dalam merencanakan kebutuhan personal komputer, maka kita bisa langsung untuk melakukan perakitan dan installasi komponen PC. Dalam  pembahasan kali ini, kita anggap semua hardware yang dibutuhkan sudah tersedia ddan kita bisa langsung melaksanakan proses perakitan. Untuk itu kita perlu mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan pada saat proses perakitan.

Alat :
  • Cutter
  • Obeng + 
  • Multimeter
  • Jumper
Bahan-bahan :
  • Chase dan Power Supply
  • Mainboard atau motherboard
  • RAM
  • Hardisk
  • DVD Drive
  • Thermal Compoun
  • Keyboard
  • Mouse
  • Processor
Adapun langkah kerjanya adalah sebagai berikut :

Dalam merakit PC kita akan belajar bagaimana cara aman membuka case komputer.
Menginstall Power Supply, Menginstall komponen pada Motherboard, istallasi Motherboard, installasi drive internal dan eksternal.

Langkah-langkah utama dalam melakukan installasi PC atau Perakitan PC :
  1. Menginstallasi Processor
  2. Menginstallasi RAM (Random Acces Memory)
  3. Menginstallasi Power Supply
  4. Menginstallasi Motherboard
  5. Menginstallasi Optical Drives
  6. Menginstallasi Hardrive
  7. Konfigurasi BIOS dan Program Setup BIOS,
Meenginstallasi Processor.

Sebelum melakukan installasi processor hendaknya perlu diingat masalah keselamatan kerja berkaitan dengan ESD (Elecktrostatic Discharge) yang bisa menimbulkan kerusakan pada komponen PC. Oleh karena itu sangat dianjurkan installator menggunakan pengaman berupa Electrostatic Wirst Strap (gelang anti statik) sebagai keamanannya, atau dengan  cara lain untuk menghilangkan efek listrik statis di tubuh kita dengan menyentuh tangan ke lantai atau chase.
Saat melakukan installasi sebuah processor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama chip processor harus dalam keadaan benar saat kita pasang pada soket motherboard. Kedua jangan melakukan pemasangan processor dalam keadaan suhu masih panas karena dapat merusak processor atau bahkan motherboard. Langkah menginstallasi processor pada motherboard :
  1. Pada saat memasang processor pada soket Motherboard kaki A1 pada processor sering
    digunakan untuk mengidentifikasi salah satu sudut dari processor sehingga dapat membantu memasang processor pada soket Motherboard dengan benar. Processor sudah di desain memiliki tanda sebuah titik atau segitiga atau adanya pin yang kosong pada salah satu sudutnya.
  2. Sebelum anda memulai installasi processor pastikan lengan pengunci soket pada motherboard tidak dalam keadaan terkait pada pengait soket, karena processor tidak akan bisa terpasang saat soket dalam keadaan terkunci

    Socket Masih dalam Keadaan Terkunci
    Buka Lengan Pengait Soccket
  3. Olesi Thermal Compound pada permukaan atas processor secara merata. Jangan terlalu tipis atau bahkan terlalu tebal pada saat mengolesi dengan Thermal Compound. Pastikan Thermal Compound merata ketebalannya pada seluruh permukaan Processor, tidak ada yang tipis pada suatu bagian dan tebal pada bagian yang lainnya.

    Processor Sebelum di Olesi Thermal Compound
    Processor Setelah di Olesi Thermal Compound
  4. Pasang Processor pada Socket Motherboard. Pastikan bahwa processor dalam kedudukan
    yang benar dan jangan menekan dengan paksa processor pada socketnya karena akan menyebabkan kerusakan atau bengkoknya kaki-kaki pada processor atau pin pada socket Motherboard.
    Pastikan Processor Terpasang dengan Benar Pada Socketnya
  5. Jika Processor sudah pada posisi yang sudah benar pada socket motherboard, tutup penutup socket motherboard
  6. Kunci Socket processor dengan memasang lengan pengunci pada kait pengunci socket.
  7. Pasang Heatsink dan Fan (kipas) pada processor. Saat mengunci kaki heatsink hendak diperhatikan cara menguncinya.
Menginstallasi RAM

Sebelum melakukan installasi RAM (Random Access Memory) hendak perlu diingat masalah keselamatan kerja berkaitan dengan ESD (Electrostatic Discharge) yang bisa menimbulkan kerusakan pada komponen PC. Oleh karena itu sangat di anjurkan installator menggunakan pengaman berupa ElectrostaticWrist Strap (gelang anti statik) sebagai keamanan, atau dengan cara lain untuk menghilangkan efek listrik statis di tubuh kita dengan menyentuh tangan kita ke lantai atau chase PC. Fungsi untuk menetralkan tubuh kita dari listrik statis, supaya menghindarkan kerusakan komponen saat kita menyentuh kaki atau pin komponen tersebut.

Langkah Menginstallisasi RAM
  1. Buka pengunci slot RAM (SIMM/DIMM. Untuk kasus ini kita menggunakan sebuah Motherboard dengan slot DIMM

  2. Pastikan bahwa jenis RAM sesuai dengan slot SIMM/DIMM, dengan mencocokan sekat pada kaki RAM dan slot SIMM/DIMM.

  3. Pasang RAM (Random Access Memory) pada slot RAM. Pada saat memasukan RAM pada slot memory, gunakan kedua ibu jari untuk menekan RAM pada kedua ujung RAM dan pastikan penekanannya secara bersama-sama. Menekan RAM dengan ibu jari secara bersama akan menghindari kerusakan fisik slot SIMM/DIMM pada Motherboard.

Menginstallasi Powersupply

Sebelum kita melakukan installasi power supply, ada baiknya kita melakukan pengecekan power supply apakah dalam keadaan hidup atau mati, meskipun power supply tersebut baru. Hal yang perlu diperhatikan saat kita membeli power supply pastikan bahwa power supply dalam keadaan baik. Pengecekan dengan cara cepat adalah seperti langkah di bawah ini :
  1. Colokan kabel power pada power supply ke PLN

  2. Siapkan main Connector Power supply
  3. Siapkan Jumper yang terbuat dari seutas kabel yang kedua ujungnya sudah dikupas
  4. Colokkan pada salah satu ujung kabel jumper pada main connector kabel berwarna hijau
  5. Colokkan ujung jumper satunya pada main connector kabel berwarna abu-abu
  6. Perhatikan Fan atau kipas pada Power supply, apakah hidup atau mati. Kalau Fan atau Kipas Power supply berputar berarti dalam keadaan hidup, jika tidak berarti Power Supply bermasalah atau mati.
Langkah Menginstallasi Power Supply Pada Chase :

  1. Buka kedua penutup samping chase

  2. Masukkan Power Supply pada dudukan Chase. Perlu diperhatikan sesuai dengan keselamatan kerja, bahwa pemasangan Power Supply pada chase harus dalam keadaan chase berdiri. Banyak orang memasang Power Supply dengan posisi tidur. Pemasangan Power Supply dalam kondisi tidur akan menyulitkan kita saat memasang baut pengunci, bahkan lebih fatal lagi alur baut dan lubang baut pada chase bisa rusak
  3. Pasang kedua baut Power Supply pada posisi paling atas terlebih dahulu, kita memasang baut Power Supply paling atas terlebih dahulu dikarenakan, bagian bawah Power Supply sudah disangga oleh dudukan Chase. Jika kita memasang dua baut posisi bawah maka berakitat bengkoknya baut dan rusaknya lubang baut chase posisi bawah, dikarenakan tumpang Power Supply pada posisi bawah.
  4. Pasang dua baut Power Supply pada posisi bawah pada Chase

  5. Pastikan Bahwa Power Supply telah terinstallasi dengan benar
Untuk langkah selanjutnya yaitu cara memasang Motherboard atau Mainboard pada PC, untuk lebih jelasnya silahkan menuju halaman berikut klik Cara Memasang Motherboard yang Baik dan Benar

No comments:

Post a Comment