Thursday, December 17, 2015

Cara Konfigurasi Jaringan Komputer

Saat ini sudah hampir sangat dubutuhkan melihat perkembangan dunia IT yang sangat pesat, terutama di Indonesia, yang kian hari semakin maju dalam perihal perkembangan dunia komputer. Biasanya pada PC Komputer, sudah dilengkapi dengan fasilitas LAN Card atau NIC (Network Interace Controller). Disini saya akan memberikan cara membuat jaringan komputer LAN, dengan menggunakan kabel UTP dan konektor RJ-45. Untuk kabel UTP dan konektor RJ-45 ini, usahakan cari yang berkualitas karena akan mempengaruhi konfigurasi jaringan komputer LAN.

Untuk mempelajari bagaimana cara konfigurasi LAN, dan apabila anda mempunyai dua buah
komputer dan akan dibuat saling berhubungan atau saling tersambung, untuk pemasangan jaringan komputer LAN ini cukup menggunakan kabel UTP, yang tidak begitu panjang dan dua buah konektor RJ-45 dengan konfigurasi Cross atau menyilang.

Pada tutorial ini saya akan memberikan cara memasang jaringan komputer LAN dengan menggunakan 6 buah komputer. Karena jumlah PC yang banyak, maka perlu menggunakan Switch Hub agar masing-masing komputer dapat saling berhubungan. Untuk memasang kabel UTP dan konektor RJ-45 pada masing-masing komputer, gunakan kabel UTP dan konektor RJ-45, yang pada kedua ujung kabel menggunakan konfigurasi Straight atau lurus untuk dipasang ke Switch Hub. Lihat gambar dibawah ini :


Konfigurasi Alamat IP (Internet Protokol atau TCP IP)

Jika jaringan komputer LAN sudah dubuat atau dipasang, langkah selanjutnya yaitu pada masing-masing komputer diberi alamat IP Address (Internet Protokol TCP IP) dan pemberian IP Address untuk masing-masing Komputer tidak boleh sama agar tidak bentrok. Berikutnya cara memberi alamat IP Address :


  1. Pada Control Panel, pilih Network Connection
  2. Klik 2 kali pada Local Area Connection
  3. Pada general pilih properties
  4. Lalu klik 2 kali lagi pada Internet Protocol (TCP / IP)
  5. Berikutnya klik Use The following IP Address, lalu isi IP Address dan Subnet Mask

    Jika ada 6 buah komputer maka IP Address, seperti Contoh dibawah ini :

    Komputer 1 => IP Addres : 192.168.1.1
    Komputer 2 => IP Addres : 192.168.1.2
    Komputer 3 => IP Addres : 192.168.1.3
    Komputer 4 => IP Addres : 192.168.1.4
    Komputer 5 => IP Addres : 192.168.1.5
    Komputer 6 => IP Addres : 192.168.1.6


    Keterangan :
    Untuk IP Address tidak boleh sama
    Untuk Subnet Mask harus sama yaitu default : 255.255.255.0
  6. Selanjutnya klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Pada Computer Name pilih Change
  7. Isi kotak pada Computer Name denngan nama komputer 1. Beri Nama juga untuk komputer yang lainnya dan centang pada tulisan WORKGROUP.
  8. Kalau sudah lalu restart komputer 
  9. Langkah terakhir lakukan PING agar masing-masing komputer dapat terhubung
Cara Ping dari komputer 1 ke komputer 2 :



Pada Komputer 1 : Klik Start => Run => lalu  ketik CMD dan OK lalu tulis PING 192.168.1.2 dan tekan Enter. Apabila keluar replay dari komputer 2 maka komputer telah terkoneksi. lakukan perintah yang sama pada komputer yang lainnya dan pastikan replay dari masing-masing komputer.

Catatan :

Apabila koneksi belum terhubung dan keluar perintah Request time out, maka harus dilakukan pengecekan lagi. Demikian Artikel tentang Cara Konfigurasi LAN untuk Komputer, semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu tentang dunia IT. Untuk Artikel menarik lainnya tentang perkabelan dan jenis kabel pada jaringan Silakan klik disini

8 comments: