Sunday, December 20, 2015

Cara Install Windows 7 Lengkap Dengan Gambar

Artikel tutorial ini berisi tentang bagaimana cara menginstall Windows 7 lengkap dengan gambar. Install ulang Windows 7 pada komputer maupun laptop. Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi windows yang sangat populer saat ini.

Windows 7 sendiri dirilis untuk umum pada tahun 22 Oktober 2009. Meskipun terdapat versi yang lebih baru yaitu windows 8 dan windows 10, windows 7 tetap banyak yang di gemari oleh banyak orang.

Saya membuat artikel ini untuk membantu teman-teman yang belum tahu betul mengenai bagaimana cara Install windows 7 dengan baik dan benar. Artikel ini saya tulis sebaik mungkin agar anda dapat memahami betul setiap langkah yang saya jelaskan.

Pastikan kalo kita udah backup drivernya, agar setelah install tidak perlu download lagi, bagi yang belum, baca dulu artikelnya disini Cara Backup Windows. Jangan lupa juga copy file penting yang di local C ke D, karena saat kita format, file yang di dekstop, my document dan download akan hilang, karena termasuk dalam Local C.

Sebelum Install Windows 7, tentu saja kamu harus punya DVD Windows yang masih baik kondisinya, kalau sudah rusak, buang saja hehe,... Jika ada file Windows iso, burn saja ke DVD, Caranya  baca saja artikel tentang Cara Burning Windows 7 ke CDVD.

Langsung saja langkah-langkah install Windows 7, pertama masukan DVD Windows 7, lalu setting BIOS agar boot ke CDROM, jika belum di setting, lihat saja disini Cara Setting Booting Bios Ke CDROM.

Jika sudah, akan ada tulisan Press Any Key To Continue, tekan enter maka akan muncul seperti ini.


Dan kemudian akan muncul seperti ini, klik saja Next.


Kemudian Pilih Install Now.


Centang I accept the license terms, lalu klik Next.


Kemudian pilih Custom Advenced.

Jika anda ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Disd 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space.

Silakan buat partisi baru lagi (secara otomatis, partisi tersebut menjadi Disk 0 Partition 2) dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi installasi windows 7, kemudian Nevt. Bingung? Simak gambar dibawah ini.

Pilih partisi yang akan di isi dengan Windows 7, karena ini hanya ada 1 partisi maka langsung saja. tetapi di laptop atau PC anda pasti ada beberapa partisi, pilih yang partisi C, sekitar 100 GB. bisa di cek di My Computer.

Kemudian pilih Disk yang berisi Windows dan klik Drive Option, lalu Fotrmat, setelah format selanjutnya klik Next, windows akan memulai install kira-kira 30 menit.



Tunggu Proses Installasi, setelah itu PC atau laptop anda akan restart sendiri beberapa kali.



Masukkan Nama kamu (Username) dan nama Komputer.


Masukkan Password, jika tidak ingin memberi pasword langsung Next saja.


Masukkan kalau anda mempunyai Serial Key, kalau tidak punya hilangkan tanda Centangnya dan klik Next, windows anda akan trial dan expired dalam jangka waktu tertentu, bisa menggunakan windows Loader agar windows menjadi full version, search saja windows loader di Mbah Google :)


Kemudian pilih Ask Me Later.


Atur waktu dan wilayah anda berada.



Dan langkah terakhir keluarkan CD nya,... Selamat Anda Sudah Selesai Installasi Windows 7!!!
Setelah selesai install windows 7, sekarang tinggal install drivernya, silakan baca artikelnya tentang Cara Install Driver Yang Sudah Di Backup

Masalah yang sering terjadi saat install adalah berhentinya proses install atau error, kemungkinan besar ini disebabkan oleh rusaknya DVD windows anda, dan juga masalah pada Hardisk, kamu bisa mencoba menginstall di laptop teman ataupun menggunakan DVD lain untuk mengetahui apa yang rusak.
Sekian dulu artikel yang saya rangkum hari ini semoga bisa menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan anda dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini,...

2 comments:

  1. partner link change? ;)
    Let you look for MadiHun Partnership, please, I think you need introduce there! ;)
    or just write me, please: grembi.madihun@gmail.com
    Thanks! And grat!

    ReplyDelete
  2. partner link change? ;)
    Let you look for MadiHun Partnership, please, I think you need introduce there! ;)
    or just write me, please: grembi.madihun@gmail.com
    Thanks! And grat!

    ReplyDelete